Donat ala Jco

ini bikinnya pake resep donat ala jco yg sering berseliweran di milis ncc. penasaran kaya apa siy rasanya, karna tepung nya bukan pake tepung biasa *halah* pake tepung jepang aka tepung komachi..

bikinnya ga gitu sulit, cuma emang lama yee,, waktu fermentasi nya aja 90 menit >.<

rasanya,, yaa jco wannabe kali yak hihi :D pas dimakan, mplempess.. kayak makan angin hehe,, ya emang gitu kan,, tekstur nya ‘kopong’ ga padat kayak donat2 pada umumnya hihi

biar cakep n ada yg ‘nyomot’ dirumah, dikasiin toping coklat.. klo gak begini, pasti gak kesentuh di rumah :D

DONAT ALA J’Co

*Source : Lezaat – NCC Cooking Show 18 November 2006*
>
*Bahan A :***
850 gr tepung terigu “Cakra” / tepung terigu Jepang (Komachi)
30 gr ragi instant
10 gr garam
600 ml air matang (kalo pake tepung cakra, kurangi 75 – 100 ml)
>
*Bahan B :***
200 gr tepung terigu “cakra” / tepung terigu Jepang
10 gr garam
60 gr susu bubuk FC
125 gr gula pasir
100 gr telur
125 gr mentega putih / shortening
>
*Cara Membuat :*
1. Aduk bahan A sampai rata, istirahatkan selama 90 menit diwadah
tertutup, jadikan sebagai bahan biang.
2. Campur adonan A dengan bahan B, lalu uleni sampai kalis. Lk. 10
menit. Istirahatkan diwadah tertutup selama 15 menit.
3. Gilas tipis adonan setebal lk. 1 cm, diamkan 10 menit, cetak
dengan cetakan bentuk donat, diamkan 10 menit lagi.
4. Goreng dalam minyak padat dengan api kcil saja hingga berwarna
kuning kecoklatan.
5. Angkat, dinginkan. Beri topping sesuai selera.

*Note :*
- Jika menggunakan Tepung Cakra, takaran air harus
dikurangi sebanyak 75 s.d 100 ml


About these ads

~ by aboutchocolate on December 27, 2007.

56 Responses to “Donat ala Jco”

  1. Tu yg ini lucu dech aku mo pesen dech cm klo dibentuk kotak aja ga bisa yach jd disusun gethu kaya cake tp bntk kotak aja ga usah ky yg di dunkin(bentuk kerucut pkknya ada bentuknya aja teus klo bs toping dasarnya ada yg putih n pink bs ga ky yg di dunkinitu trs di double sm coklat…..
    Ini jd ttlnya brp tu????
    Sorry yach req g always yg aneh2,,ratu bae dech :p

  2. Minta resep jelasnya dong, soalnya istriku pengen bngt tuh bikin donat ala jco…Udah browsing di mana-mana ngga ada yang ngepost resepnya…Tolong ya bagi2 ilmunya

  3. kayanya kalo pake breadimproover, jadinya bisa kopong kan alias melempes

  4. untuk donat siy aku gak pake breadimprover,, cukup pake ragi aja :)

  5. kenalan ya mbak,saya maruko…bagus ya cara menghias donatnya,mbak pasti telaten …..saya sendiri kurang minat ama donat…..tapi keluarga saya demen sekali ama donat…….ga dihias aja udah cepat habis apalagi kalo hiasnya seperti diatas dijamin ga bersisa……..minta resepnya ya……dan nanya lagi apa hasil akhir donatnya selain agak kopong kering ga mbak?

  6. maxudnya kering tu gimana ya? gak berminyak gitu kah?

  7. kering yg dimaksud……begitu dmakan memang terasa ga berminyak,agak tawar ga terlalu berasa wanginya mentega pokoknya agak mirip antara roti tawar dan donat gitu…….karna donat di taiwan ya begitu rasanya ,soal empuk ya udah pasti ,cuman kurang enak ga terlalu wangi nurut saya,yg sebagai org ind(rata2x kali ya?ga semua…dan saya salah satunya…. :) ) kan udah biasa ama aroma yg agak keras baik wangi2an kue maupun rempah2x masakan…… :) …….

  8. Selamat kenal mbak saya Effy..resepnya oke juga , belum pernah pakai tepung komachi…saya mau coba resepnya,..tapi untuk beli tepungnya dimana ya mbak?..terimakasih sebelumnya.

  9. smg bertambah pahalanya ya…karena udah bagi2 resep gratis, salam kenal..fitri

  10. lam kenal..mbak.. nyontek abiz yach…tengkiyu!!!

  11. sis…beli tepung komachinya dmn sih??

  12. mbak ratu lam kenal…. ngintip resep donatnya ya. pengen bikin nih…

  13. silahkan mba :)

  14. aloo mbak..boleh tanya hiasan coklatnya cara bikinnya gmn??
    soalnya ga tau resepnya..
    makasi…

  15. Bingung nih mbak…
    Di website NCC: ragi instan yg dipake 11gr.
    Tapi di resep mbak 30gr.
    Yang bener yang mana ya mbak?

    Susu FC itu apa ya mbak?

    Tengkiyu bgt lho.

  16. coba donat kampung dimodifikasi mbak, lebih enak kali ya…

  17. Klu g pke tepung jepang g bisa y ? . . biz’a nyari’a susah . !

  18. Met kenal mba…sy elisya, ngeliat topingx kykx enak dc.. jd ngebayangin donat Jco nich… jd penasaran… ngintip resepx boleh kan mba..?!!! kali aja berhasil,hehehe.. soalx blum pernah buat sndiri sich… ajarin cara buat topingx ya.. klu bisa rasa kopi/cappucino ya… TQ

  19. donatnya menarik sekali. bikin topingnya gimana sih caranya? makasih.

    • topping nya dengan coklat cair mba..
      jadi lelehkan coklat dalam wadah dengan cara double boiler.
      lalu celupkan bagian atas donat ke coklat nya..
      tuz hias sesuai selera deh, bisa pake choco chip, coklat putih cair, koko crunch, dll

  20. kayana ci enak
    soalnya aku mw bikin buat ibu2 arisan
    malu2in ga ya suguhin donat
    bagusan pake tepung mana ya

  21. mmmhh… yummy tuh bu.. cari tepung komachinya dimn y? trims bgt ya bu

  22. hala emag enak

  23. sis, aku nemu foto sis ini persis loh di website http://aneka-resep-masakan-indonesia.blogspot.com/2008/09/aneka-resep-donat.html
    lengkap dgn tulisan ratu azrita di donutnya, cm direverse jd rada susah dibacanya..foto yg cheese ball donut jg ada.. resep NCC jg ada disana..
    tp herannya, knp ga nyantumin nama sumbbernya ya? haha
    sori bawel sis.. cm mau ngasi tau aja.. hehe..

  24. katanya mengorengnya harus pake minyak padat ya? bener gak? trus kalo pake minyak biasa knapa?

  25. q punya resep lebih enak dr j.co tp brani bayar berapa???q teman dekat pak waluyo dy yg bikin resep j.co q malah bs lebih dari itu.

  26. lam kenal mba, mo tanya dunk donatnya klo dah dingin agak lama (-/+ sampe sore gitu) jd keras ato berubah rasanya gak, tq

  27. mauuuu dunkzz…..boleh ga?? hehe..

  28. mba aku nyontek resepnya yaaaaaaaaaaaaa. makasih

  29. sis mau coba ah resep donat yang uenak ini………

  30. mbak kapasitas mnyak apakah pelu bayak(untuk goreng)

  31. salam kenal, minta resepnya ya mb. Pengee..nn bgt bs bkn donat yg mak nyuss ky d jco. Eh, tnyata ada yg berbaik hati sharing resepnya.
    Da yg mau q tanya: putih telurnya dmasukkn g? Klo donat biasa buatan ibu & mertuaku putihnya g ikut.
    Tengkyu resep n jwbnnya

  32. beli tepung jepang ( komachi ) dimana ya, olease kasih tau donk….

  33. copy resepmu ya sis… permisi… hehehe
    mo bikin sekarang juga nih hehehe

  34. minyak padat ada di TBK?

  35. ijin copy resep mba’e

  36. bunda…bagi resepnya ya..makasih^^

  37. minyak padat belinya dimana ya?trus biar donat ga berminyak setelah digoreng diapain lg?tq

  38. smoga bermanfaat y ukhti syukron resepnya…

  39. oia ukhti minyak padat itu yg kaya gmn?
    belinya dimana y?

  40. Barusan nyoba resep ini, hasilnya???? Uenaaakkkk…uempuuukkkk… Gk kyk donat biasanya,bantet. Tapi krn takut salah, aku nyobanya pake 1/2 resep diatas, (gk mau rugi..hihihi) hslnya bnyk juga sih…lbh dari cukup untuk sekeluarga…

    •.¸¸.•°M̶̲̥̅̊ɑ̣̣̝̇̇ķǎ̜̣̍siĥ °•.¸¸.• Ya reseppnyaaaa

  41. aaah, saya mau nyoba nih mba…doain sukses yah..hehe
    penasaran sama topingnya , jadi coklat cairnya apa aja kan..ntar deh tanya2 sama penjual bahan roti
    makasih untuk resepnya :)
    *salam kenal*

  42. saya sudah coba resepnya…terima kasih

  43. [...] ambil resepnya disini, sambil saya pelajari komen2 yang [...]

  44. salam sejahtera numpang permisi copy resep nya ya bu , semoga berhasil tq

  45. Mbak,aku udah coba bikin kemarin 1/4 resep,tapi kepingin lebih empuk deh dari itu. Kalo telur nya aku nasukin kunngnya aja gimana ya?terus airnya kuganti susu segar gimana?thx

  46. [...] Ini merupakan resep donat zaman-zaman ketika salah satu produk donat marak dijual di mall-mall besar. Resep ini dapat dari http://aboutchocolate.wordpress.com/2007/12/27/donat-ala-jco/ (sini) [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: