Cemilann

sepii bener yaa ini blog ngga ada update’an kueh-kueh hehehehee

udah kebiasaan sering bikin kueh, pas engga bikin kayaknya gimanaa gituh. gatell.. :D  jadinya palingan bikin cemil²an aja.. ato masak! :p

bikin popcorn caramel.. nyamm enak lhoo..

kepincut dengan popcorn caramel nya si 21 itu.. dimana ternyata yg sering dibeli itu bukanlah popcorn caramel. tapi popcorn manis biasa.  klo liat cara bikinnya sih, biji jagung nya dimasukin ke mesin, tuz ngga lama langsung ber-hop2 udah warna coklatt. ini yg bikin penasaran

tempo ari pernah nyoba biji jagung nya langsung dimasak barengan gula. dan alhasil memang sih warna nya langsung coklat. tapi rasanya itu lhoo… paittt huhuhu

tuz pas nonton ke 21 lagi, merhatiin si mas² nya waktu bikin popcorn nya. pertama memang biji jagung nya dimasukin ke mesinnya itu. tuz kemudiannn,, dia memasukan seperti bubuk warna coklat. entah apa namanya, cuman kayaknya siehh semacem ky brown or palm sugar gitchu kali yaa

nah klow yg ini sy bikin jagung popcorn nya terlebih dahulu. tuz bikin caramel nya, tuz baru deh dicampurr.. enak jugaa😉

ada juga ini,, Choco Bread Puding..

penampilannya emang kurang ‘menggugah’  hihi.. tapi rasanya okeh lhoo. meski sekilas keliatan kayak roti bakar, tapi bedaaa :p

bikinnya juga gampang, cepat, dan enakkk

sumber : Sedap

Bahan ;
75gr roti perancis, iris bulat *pake roti tawar aja 5-6lembar*
300ml susu cair
50gr dcc, parut *lebih banyak lebih wenakkk* (pake mesis jg bisa)
4btr telur
100gr gula pasir
1/4 sdt garam
100ml krim
2sdm mentega tawar, lelehkan

cara :
– celup roti ke susu cair, tiriskan. tata di pyrex. tabur dcc parut, sisihkan
– kocok lepas telur, gula pasir dan garam
– masukkan susu cair sedikit² sambil diaduk perlahan
– tambahkan krim kental. kocok rata. masukkan mentega tawar, aduk rata
– lalu tuang ke roti
– panggang dg cara au bain marie, selama 60 menit suhu 170 C

mnurut sy, klo pakem ngikutin resep, kebanyakan cairannya yg mengakibatkan puding roti nya jadi lembek. jadi dikurangin aza sesuai selera🙂

ada jugaa Udang Goreng Mayonaise *slurp*

setelah beberapa kali uji coba tepung nya, buat gw yg ini sudah cukup ‘crunchy’ tepung nya. kunci nya di adonan battermix nya. musti bener2 dinginn,, klo perlu predust nya sekalian didinginin juga :D  dan juga minyaknya musti panas dan deepfry

resepnya tempo ari ngeliat di Gramedia *beli engga, nyatet iya*  😀

Predust flour :
100 gr tepung terigu
45 gr tepung maizena

Battermix:
100 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
1 butir telur
200 ml air dingin
4 gr merica bubuk
10 gr garam
1 gr soda kue

Cara membuat battermix :
– Campur semua bahan kering, tambahkan telur, aduk rata
– Tambahkan setengah bagian air dingin, aduk rata pake whisk
– Tambahkan lagi sisa air dingin, aduk rata
– Simpan adonan pencelup ini di kulkas sampai saat digunakan

tuz..
udang nya dibelah 2 (jgn sampe putus)
campur ke bahan predust – battermix – predust –  gorengg dehh

resep mayo nya :
mayo botolan
air secukupnya
skm secukupnya

campur aduk semuanya. ditambahin saos juga boleh🙂

~ by aboutchocolate on January 13, 2009.

2 Responses to “Cemilann”

  1. Mba aku contek ya resepnya. Thanks

  2. sipp🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: