Kuker kena ‘Bajak’

belakangan ini di milis², di blog, lagi marak ‘kampanye anti buku bajakan’ .  yang inti nya ialah karya² para foodie blogger  ‘dicolong’  oleh salah 1 penerbit, yg kemudian dikomersilkan menjadi sebuah buku resep ‘aspal’  . lha iya aspal, wong resep sama foto nya ngga sesuai >.<

dan waktu mba Vivi sms aku hari kamis lalu, yg isi nya bilang klo foto putri salju ku juga ikutan ‘dibajak’ .  masih belum ngeh.. kuker putri salju,, yg mana yha.. maklum aja, soalnya udah lama engga bikin kue kering kan

tuz aku liat multiply nya mb Vivi,, aku cari² gambar nya.. dan ini dia (kiri bawah)

woalah.. pantes ajaa aku rada2 lupa.. ternyata foto nya udah cukup lama.. tahun 2007.  ada postingannya juga di  archives tahun 2007.  klo engga salah kuker putri salju itu pesenannya mb Arie. cmiiw. karna foto kuker nya ada di 1 folder cake pesenan mb Arie juga yg bentuk jam tangan hehe

yg di buku, foto nya di crop bagian watermark nya yg ada di sebelah kiri bawah dan diedit background nya!

ini poto aseli nya punya ku..

aku juga ada poto yg pake tutup toples nya >.<   dan pastinya aku juga masih simpan file foto aseli nya yg belum diresize.

heran deh,,  kok bisa yah bikin suatu buku resep tanpa uji coba. kenapa kubilang tanpa uji coba? ya klo memang mereka beneran nguji coba resep nya, pasti difoto donk hasil nya. nah ini maen comot aja punya orang >.<

jujur aja, aku juga suka cari ide² foto kue di internet, buku. tapi ya ngga langsung ‘tumplek plek’  aku contek model nya.  klopun ada yg mirip, pasti aku minta ijin si empu nya foto tersebut :)  atow paling engga, apa susah nya disebutin aja sumber nya.

btw juga, mungkin udah rada telat aku posting tulisan ini.. karna maklum juga, aku baru bisa onlen nyentuh komputer palingan seminggu sekali. itupun klo enggak lelet koneksi nya hheheh.. selebihnya onlen dari henpon.

dan menurut info yg kubaca, penerbit (Cam Boga) telah meminta maaf kepada foodie blooger yang merasa dirugikan.  yahh mudah²an tidak akan terulang lagi kasus serupa

info lebih lengkap nya bisa diliat di http://stop-pembajakan.blogspot.com/


~ by aboutchocolate on May 4, 2009.

One Response to “Kuker kena ‘Bajak’”

  1. Salam kenal…wah…. setuju… mesti ikut kampanye stop copy paste… BTW aku nggak bisa ngeluarin logonya (gaptek hehe)…disisi kanan. gimana caranya ya?

Leave a Reply

 
