Manajemen waktu saat banyak pesanan Cake

share ttg manajemen waktu nya ya.. setidaknya ini versi aku..

pesanan menjelang hari raya, biasanya lebih banyak dibanding hari2 biasa. klo buatku, terima order yg comes first. dan customer lama diutamakan.

sekitar 1 bulan menjelang lebaran, jeng Cynthia pesan Choco Cake, sebanyak 24bh uk 22cm (yg kmudian nambah jadi total 30bh) . juga ada mba Ria yg juga sekitar 1 bulan sebelum delivery, pesan 60bh Goodie Bag untuk bday anaknya.. 22 nya minta delivery pada waktu yg berdekatan. mb Cynthia minta tgl 4 dan 7 sept. sedangkan mb Ria minta tgl 8sept.

dalam waktu 1 bulan sebelum due date, aku yakin bisa arrange.. sementara dilain pesanan2 itu, aku ada musti bikin kue kering lebaran untuk sendiri dan keluarga. dan seiring waktu berjalan, biasanya ada lagi pesanan yg masuk atau pesanan2 yg tak terduga. karenanya aku batasi sekitar 3bh cake saja pesanan dari yang lain.

lalu, setelah semua pesanan masuk,, aku hitung perkiraan seberapa banyak bahan yg akan terpakai. lalu pilih waktu untuk belanja bahan2 nya klo bisa sekalian semua di tbk..  yg memungkinkan cepat terpakai. klo kemarenan ini, seperti buah strawberry ngga mungkin kan beli di awal, bisa2 keburu busuk. juga whipcream aku tak beli dulu.. karna kapasitas kulkas terbatas, ngga bisa nyimpennya hehehe..

lalu, dari semua pesanan yg masuk, dilihat mana yg bisa ngerjainnya dicicil. klo dalam pesanan ku kemaren yg akan kubikin itu ada kuker, choco cake dengan topper coklat, alphabet cookies, mini cupcake dg topper fondant, coklat lolipop.

oia perhatikan juga peralatan yg mendukung. dan untuk tenaker, disini cuman ada bertiga. aku, ibuku, dan mbak ku. dan kadang ‘tenaga lepasan’ seperti ayahku, kk dan hubby ku hehehe..  si mbak biasanya bertugas tuk nyiapin bahan, motongin kertas roti, dan cuci-mencuci peralatan. oia si mbak disini bukan juga bukan asisten khusus kue. jadi memang nyambi sebagai art.. jadi ngerjain tugas2 rumah yg lainnya juga.

setelah semua beress,, baru ‘perang’ dimulai😀

1-2minggu pertama, aku dan ibu nyicil2 bikin kue kering. karna kue kering itu tahan lama. asalkan benar cara pengerjaan dan penyimpanannya bisa awet berbulan-bulan meskipun tanpa pengawet. jadi alphabet cookies – keisha juga dibikin duluan + diberi icing.. saat ngasi icing, dibantu dimas yg udah bisa dan rapih deh pokoke :D  dan si ayah kena bagian masuk2in ke plastik. kemudian setelah itu di press pake sealer dan kuiket pita kawat. simpan di tupperware.
Hiasan choco curl nya juga bisa dicicil.. Bikinnya pake kerokan yg buat es buah yg dari besi yg bentuknya setengah lingkaran itu (mirip seperti sendok ukur).

lalu 2 minggu kemudian, aku start bikin cake. pakai resep butter cake (sacher). 1x bikin bisa 3 resep (dapat 3bh cake). aku mempertimbangkan max 3 resep karena kan ada pengocokan putih telur (1 resep 8-10butir), klo kelamaan didiamkan si putih telur bisa kembali cair (aku tidak mempergunakan CTT). juga baskom nya ngga ada yg gedean lagi hahaha.. saat ngocok pun, pake 2 hand mixer. tangan kanan pegang 1 mixer, begitu pula yg tangan kiri :D   biasanya dalam sehari bikin 1 atau 2 kali bikin aja.

kemaren ini awalnya bikin di loyang pendek2 4cm, jadi dalam sekali ngoven masuk 9 loyang. tapi setelah dipikir2 kesian si mbak kebanyakan nyuci/ngebersihin loyangnya. juga jd boros kertas roti kan :P  jadi nya selanjutnya bikin di loyang tinggi 7-8cm aja. jadi sekali ngoven masuk 3 loyang aja.. dan kemudian dibagi/belah 3 kue nya.

lalu lalu..setelah cake nya jadi, pas udah dingin tentunya. bungkus rapat dengan plastik wrap dan simpan di freezer. dengan cara seperti ini, katanya cake bisa tahan hingga 3 bulan atau lebih (aku blm pernah nyoba sampai 3bulan sih). ini cake yg di foto engga sampe 30bh sih, karna lagi2 kapasitas terbatas :D  klo udah gini mikirnya punya chest freezer pasti berguna bgt. sempet awalnya kepengen beli,, tapi mikir2 lagi, wong belum begitu perlu juga hehehe

untuk pembuatan cake sisanya dibuat tanggal 4 dan 5 sept, setelah cake telah di delivery pertama tgl 4 nya.

selain itu, bisa nyicil juga buat hiasan coklat nya. coklat dengan tulisan ‘selamat aidul fitri’ dan bentuk mesjid nya.. ini ngerjainnya malam. klo siang wasalam deh, udah cuaca panas, bikin coklat, duh engga dehh.. soale kan kudu standby deket kulkas biar ngga bolak-balik😀 . lalu coklatnya simpan di wadah/loyang besar, alasi juga dengan kertas roti. simpan di ruangan yg sekira-kiranya paling adem dalem rumah. untuk kubah nya dibuat dari fondant. bisa dicicil juga tuh bikinnya, dibuat beberapa hari sebelum dipasang di coklatnya. nunggu biar set/keras dulu.
Oia bikin coklatnya pakai cetakan coklatnya Tan See Fong.. *kode nya ngga ingett*

lainnya yg bisa dicicil itu bikin coklat lolipop. untungnya mb Ria juga kirim foto anaknya dari jauh hari. jadi aku bisa pesan edible nya lebih cepat juga bikin lebih awal. coklat lolipop juga tahan lama. bikin topper untuk mini cupcake juga bisa dicicil.

hmm apalagi ya,,

untuk pengerjaannya, cake yg dikirim untuk tanggal 4 pagi2, kubuat semua tgl 3 nya. buat lapis ganache nya dari tgl 2 malam. bikin simple syrup juga tgl 2 malem, soale kan besoknya puasaaa.. jadi ngga bisa ngicip segimana pas rasanya. jadi tanggal 3 itu, smua cake yg di freezer pas setelah sahur dikeluarin dari freezer. biarkan aja di suhu ruang. nanti dia akan kembali lagi ke tekstur semula. tidak akan merubah cita rasa kok.

aku start mulai ngerjain dari sekitar jam 10an pagi (baru bangun bobo nya jam 9 hahaha). dari ngelapis, bikin ganache siram dan nyiram ke cake nya, bergantian. dirumah rak kawat cuman punya 2. jadi klo memang ada yg kurang2 ngga usah malu buat minjem2 kekekekekek… yg 1 minjem ke tetangga belakang (rak oven listrik), yg 1 lagi pinjem ke mb ika kurnia. alhasil dirumah total jadi ada 4 rak kawat.. nyiramnya gantian. semuanya kelar sekitar jam 5 sore. abis itu mandi dan sempet keluar bentar beli gorengan buat buka😀

lalu lanjut lagi abis buka, sekitar jam 1/2 8an. bikin mawar ganache sekitar 60bh.. kemudian dipasang2in deh selang-seling sm stroberi nya. tuz abis itu stroberi nya dioles lagi dengan apricol jam biar kinclong. semua kelar sekitar jam 12an malem. begitu juga untuk cake yg delivery tgl 7sept nya.. semua dibikin tgl 6. cuman kan lebih banyak yakni 18bh cake,, jadi kelarnya pasti lebih malem.. sekitar jam 1.
Dan naro topper coklat diatas kuenya jg pagi setelah sahur.

nyimpen kue nya dimana??

hihi nyimpennya gantian.. kulkas dirumah ada  2. yg 1 buat nyimpen bahan2 makanan/masakan sehari2, dan udah fulll. dan yg 1 lagi khusus buat perkuehan aja. yg untuk perkuehan max bisa nampung 10bh cake aja. alas nya pake ukuran 28cm. jadi sore nya setelah disiram ganache coklat, sebagian masuk kulkas. tuz nanti malemnya gantian, yg tadinya diluar, masukin ke kulkas. dan yg tadinya udah dikulkas, simpen di ruang ac. udah dimasukin box nya, jadi bisa ditumpuk. tapi tetep lho meski masuk box, kamarku jadi wangii coklatt hmhhhh enakkkk😀

untuk delivery smuanya antar sendiri. bagian Dimas itu sih hehe.. antarnya semua pagi2, sampe tujuan sekitar jam 8an ke daerah Cideng, jakbar.

kemudian semua beres udah diantar tgl 7 sept (si mbak art jg mudik nya tgl 7 sore). siangnya aku buat mini cupcake yg 60bh itu. tuz udah dingin, tata di tupperware/wadah kedap udara, dan simpan lagi di freezer. besok paginya abis sahur, keluarin dari freezer.

goodie bag nya ini tadinya mau diambil sendiri mb Ria kerumah mertua di jatibening, malam. cuman takutnya lg ngga ada org, jadi kutawarin nanti qta anter aza sendiri kerumah. deket ini, daerah bintara :D  jadi tgl 8 paginya itu spuit2 BC sebagai topper cupcake nya. masukin ke box mika. tuz masukin lagi ke plastik goodie bag nya. urusan ibu ini sih hehe.. soale aku ada bikin melted brownies juga pesenan sodara. kelar semua2 sekitar jam 4an sore. bisa leyeh2 sambil nunggu buka. nganter gudibeg nya abis buka puasa. dari abis nganter sempet ke mall bentar, si mas mao nyari sendal katanya😀

selesaii dehh pesenan yg segambreng ituu.. setidaknya segambreng buatku yg semuanya masi cukup terbatas🙂

capee?? ya pastii… tapi kan seneng juga dengan jumlah yg masuk di rekening hahahaha😀

~ by aboutchocolate on September 11, 2010.

5 Responses to “Manajemen waktu saat banyak pesanan Cake”

  1. Hi Ratu, salut buat semangatnya ngerjain orderan segambreng🙂. Aku lg mikir kl di rmhku (dapurku) yg mungil ini dimana mo naro cake sebanyak ini ya? Hehe, kmrn aja bikin 4 cake meja makan udh penuh, termasuk peralatan dsb.
    Aku mau nanya ttg penyimpanan hiasan coklat, soalnya kdg suka lupa n last minute terbirit2 bikin hiasannya. Kl dibikin jauh2 hari nyimpennya gimana ya? Kl simpen di kulkas jd keringetan kan, kl di luar kulkas gimana penyimpanannya? Dan wkt nge-set chocltnya apa mmg perlu dimasukin ke kulkas jg? Sorry ya banyak tanya…makasih udh sharing di posting ini. Sukses terus ya Ratu n sukses dg kehamilannya juga!🙂

    • ngeset coklat nya iya masukin kulkas.. dan nyimpan nya bagus diruangan ac.
      atau kalo tidak memungkinkan, simpan aja di suhu ruang. tapi cari ruangan dalam rumah yg sekiranya paling adem.. biar gak leleh coklatnya.

  2. salut buat bumil…kalo aku yg dapet orderan sebanyak itu..bisa panik mba, bingung mo mulai dari yang mana dulu..thank ya buat share nya..semoga bisa aku terapkan…
    “tak kira cuma aku aja yang suka nyimpen kue dikamar, ternyata ada temen…xixixi” sukses terus ya mba..

  3. kuenya enak banget

  4. mba mo tanya klo buat sponge cakex itu pke resep yg mana…? tiis banget jadix…apa udah dbelah atau buat atu2….thankx before…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: